Tak Cuma Soal Listrik, PLN Akui Punya Tugas Ikut Jaga Lingkungan

TANGERANGNEWS.com- Respons positif terhadap inisiatif PT PLN (Persero) dalam mengadvokasi gaya hidup berkelanjutan mendapat banyak apresiasi.

Hal itu diungkapkan dalam Diskusi Panel di Jakarta pada peringatan Hari Bumi 2024, Rabu, 8 Mei 2024.

Direktur Pengelolaan Sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Novrizal Tahar mengatakan, peran penting PLN dalam pengelolaan sampah di Indonesia, khususnya melalui program pengolahan sampah menjadi energi listrik.

“Jadi pengolahan sampah menjadi listrik, energi, salah satunya bahan bakar padat yang memang menjadi komitmen dari PLN juga,” ujarnya.

Sementara itu, Pendiri AmbikA Institute Rustiawan Anis,menyebut pentingnya program offset untuk mereduksi emisi, ia juga mengapresiasi upaya PLN dalam pengembangan EBT sebagai peluang di pasar carbon offset.

“ekarang saatnya adalah bagaimana me- manage itu dan melakukan offseting secara bertahap,” tambahnya.

Dala sambutannya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan, komitmen perusahaan untuk transformasi menyeluruh guna menjawab tantangan masa depan, termasuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan penyediaan energi yang berkelanjutan.

Menurut Darmawan, saat ini PLN tidak hanya bertugas menyediakan listrik, melainkan turut menjaga kelestarian lingkungan sekaligus menyediakan listrik.

“Namun, ini bukan tugas individual dan semua dapat dicapai kolaborasi berbagai pihak,” tegas Darmawan. 

Direktur Electricity Related Business PLN Icon Plus Chipta Perdana menjelaskan, pihaknya melakukan akselerasi ekosistem kendaraan listrik melalui berbagai inisiatif, salah satunya seperti SPKLU, fasilitas penukaran baterai, dan aplikasi PLN Mobile yang menyediakan layanan terkait kendaraan listrik secara terintegrasi.

“Bahkan sekarang ada EV Marketplace di PLN Mobile, semua layanan terkait kendaraan listrik makin terintegrasi dalam satu genggaman di PLN Mobile,” pungkas Chipta. 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *