Sidak Pasar, DKP Kota Tangerang Temukan Belasan Sampel Positif Mengandung Boraks

TANGERANGNEWS.com- Jelang perayaan hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Ketahanan Pangan (DKP) melakukan inpeksi mendadak (Sidak) di tiga pasar besar di Kota Tangerang.

Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun mengatakan, sidak kali ini menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) guna memastikan keamanan produk yang dikonsumsi warga Kota Tangerang, selain menjamin ketersedian stok bahan pangan segar.

Dari hasil sidak, terdapat lima sampel positif formalin atau boraks dari 62 sampel yang diambil di Pasar Malabar, Kecamatan Cibodas dengan tingkat pengawasan sebesar 91,94 persen.

Sementara di Pasar Ramadhani, Kecamatan Karawaci memiliki tingkat pengawasan 96,1 persen dari 51 sampel, terdapa dua diantaranya positif formalin atau boraks. Begitu pula di pasar Green Lake City, Kecamatan Cipondoh tingkat pengawasannya 91 persen dari 67 sampel dan enam diantaranya positif formalin dan boraks.

“Sampel yang terindikasi positif formalin atau boraks ialah mie kuning basah, tahu putih, tahu dan cokelat,” ungkap Muhdorun pada Senin, 18 Desember 2023.

Di sisi lain, Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni meminta agar masyarakat turut berpartisipasi dalam pengawasan bahan pangan dengan menjadi konsumen cerdas melalui pengecekan kemasan, label, izin edar, kadaluwarsa, serta tidak tertarik dengan warna-warna atau bentuk yang berlebihan.

“Konsumen harus terus aktif memeriksa secara mandiri terhadap makanan yang hendak dikonsumsi,” kata Dini.

Sebagai informasi, sidak keamanan pangan akan terus berlangsung di seluruh pasar di Kota Tangerang. Terkait kewaspadaan secara mandiri, masyarakat dapat memanfaatkan Pojok Uji Keamanan Pangan Segar yang tersebar di 17 pasar tradisional dan 4 supermarket di Kota Tangerang.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *