Sampah Plastik Paling Banyak Cemari Sungai Cisadane

TANGERANGNEWS.com- Sampah plastik berupa sedotan, bungkus rokok dan stirofoam, mendominasi pencemaran di Sungai Cisadane.

Hal itu diungkapkan Direktur Banksasuci Foundation Ade Yunus saat melakukan aksi bersih-bersih Sungai Cisadane bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan DPUPR berkolaborasi dengan relawan hingga mahasiswa, Rabu, 11 Oktober 2023.

Sampah-sampah tersebut ditemukan setelah dilakukan pengangkutan sampah mulai dari bantaran hingga aliran sungai, dengan maksud agar nantinya tidak menumpuk di pantai.

Ade menuturkan, permasalahan lingkungan khususnya di Sungai Cisadane merupakan tanggung jawab bersama.

“Sungai Cisadane yang mengairi beberapa wilayah, berarti menjadi tanggung jawab kita semua dari hulu hingga hilir,” ujarnya.

Menurut Ade, mengurangi sampah harus dimulai dari sumbernya, yakni mendidik dan mengubah perilaku masyarakat dalam penggunaan plastik sekali pakai, serta diperlukannya kesadaran masing-masing pihak untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Ini harus kita lakukan secara berkala hingga mengolah sampah dan meminimalisir sampah menjadi sebuah kebutuhan atau budaya dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *