Jangan Disepelekan, Ini Alasan Penting Menengok ke Belakang Sebelum Berkendara 

TANGERANGNEWS.com- Menengok ke belakang sebelum mengendarai sepeda motor merupakan salah satu langkah penting untuk keselamatan dalam berkendara.

Namun, masih banyak pengendara menyepelekannya menengok ke belakang. Padahal, meski terlihat sederhana, tindakan ini memiliki dampak yang signifikan dalam memastikan keamanan di jalan.

Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani mengatakan, menengok ke belakang sebelum memulai perjalanan atau saat berhenti merupakan langkah yang penting untuk memastikan situasi sekitar dan memperluas pandangan pengendara.

“Ini sederhana, tapi penting. Sayangnya, banyak pengendara motor yang belum mempraktikkannya,” ujar Agus Wahana Makmur Sejati Safety Riding Center, Kelurahan Jatake, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Jumat, 10 Mei 2024.

Meskipun motor dilaju ke depan, lanjut Agus, menengok ke belakang akan membantu pengendara untuk memastikan keamanan sebelum memulai perjalanan.

Menurutnya, alasan utama menengok ke belakang juga agar pengendara memiliki pandangan yang lebih luas dan memastikan bahwa jalur belakangnya aman. 

Dikatakan Agus, memang betul motor dilengkapi dengan kaca spion, namun spion memiliki keterbatasan dalam melihat ke belakang, sehingga menengok secara langsung menjadi penting.

Agus menjelaskan, pengendara sebaiknya menengok ke arah kanan belakang, lantaran aturan berkendara di Indonesia menggunakan lajur kiri. 

“Siapa tahu ada kendaraan lain yang melaju kencang ke arahnya. Ini bisa membahayakan dirinya dan pengguna jalan lain (jika tidak menengok ke arah kanan belakang),” tambahnya.

Tak hanya itu, di beberapa kondisi penting juga untuk menengok ke arah kanan dan kiri belakan seperti saat berhenti di area sekitar Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau pintu pelintasan kereta api.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *