5 Perumahan di Tangsel Terendam Banjir Usai Diguyur Hujan Deras, 498 KK Terdampak

TANGERANGNEWS.com-Hujan deras yang mengguyur kawasan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan sekitarnya beberapa hari terakhir, kembali mengakibatkan banjir, Rabu  5 Desember 2023, sore.

Kali ini tercatat ada enam titik perumahan terendam banjir dengan ketinggian bervariasi mulai dari 20 sampai 90 sentimeter. Total warga terdampak mencapai 498 Kepala Keluarga (KK).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangsel M Faridzal Gumay menyebut banjir terjadi sekitar pukul 16.55 WIB, usai hujan lebat mengguyur sejak tadi siang.

Berdasarkan data BPBD, wilayah yang terdampak yakni Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI) yang berada di Pamulang Timur dan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang.

Untuk di BPI Pamulang Timur, banjir setinggi 30-90 sentimeter merendam pemukiman di RW 04 yang ditinggali 60 KK. Sementara di BPI, RW 09, Pamulang Barat, sebanyak 80 KK terdampak banjir dengan ketinggian 30-70 sentimeter.

“Penyebabnya kontur perumahan yang rendah atau cekung, dan drainase tidak bisa menampung air,” ujarnya.

Lalu, di Perumahan Lembah Pinus Pamulang Barat. Ketinggian banjir mencapai 20-40 sentimeter dengan 98 KK terdampak.

Adapun penyebab banjir di perumahan ini karena adanya tanggul kali yang sedang diperbaiki air sehingga meluap ke perumahan

“Saat ini berangsur-angsur surut, ketinggian air sudah sekitar 20 sentimeter,” jelasnya.

Banjir juga merendam Perum Reni Jaya, tepatnya di Blok AC, RW 17, Kelurahan Pamulang Barat. Ketinggan air mencapai 30-50 sentimeter dengan 80 KK terdampak. Banjir disebabkan kontur perumahan yang rendah dan berlokasi di pinggir kali. 

Sementara itu, di Kelurahan Serua, banjir merendam Perumahan Rosewood Garden dengan ketinggian mencapai 35-50 sentimeter.

Perbaikan tanggul menjadi penyebab banjir di perumahan tersebut sehingga berdampak pada 60 KK.

Perum Pamulang Asri 2 di RW 09, Kelurahan Serua indah, juga tidak luput dari banjir. Ada 120 KK yang rumahnya terendam banjir dengan ketinggian 40-80 sentimeter. Banjir ini disebabkan saluran drainase yang buruk

“Sebagai langkah antisipasi, kami kerahkan perahu standby di BPI Pamulang Timur dan Puri Asri 2 Serua Indah,” ujar Faridzal.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *